September 21, 2016

Tips Memilih Softlens Yang Cocok Untuk Kamu

Softlens sekarang udah jadi trend sekaligus alat fashion untuk mempercantik mata. Tapi untuk milih softlens tentunya gak boleh sembarangan pilih loh. Aku sendiri juga suka banget untuk pakai softlens dibanding pakai kacamata.
Share pengalaman aku dulu yaa, dulu waktu pertama kali menggunakan softlens yang aku cari dari sebuah softlens tuh cuma Motif dan Kadar Air nya. Rumornya kadar air besar bisa bikin softlens lebih nyaman untuk digunakan di mata. Well, kenyataannya gak selalu begitu, softlens yang kubeli tersebut justru kurang cocok dimataku. Aku sempat berganti ke softlens lain yang memiliki kadar air sama besarnya, namun sama juga nggak cocok malah pernah kejadian sampai iritasi gitu. Sampai akhirnya aku menemukan softlens yang bener-bener cocok dan nyaman banget di mataku bahkan seperti nggak pakai softlens padahal softlens tersebut kadar airnya 38% !
Nahh, sekarang aku mau bagi tips-tips untuk memilih softlens yang cocok untuk kamu, nggak cuma dari segi nyaman / nggaknya tapi juga yang cantik dipakai untuk mata kamu loh !

Tips - Tips Memilih Softlens :
- Warna :
Warna dari softlens yang kamu pakai tentunya akan berpengaruh dari ke penampilan mata kamu. Kalau kamu memiliki mata yang besar dan nggak mau matamu terlihat lebih besar dan jelas, usahakan nggak memilih softlens yang berwarna hitam / memiliki ring hitam yang tebal.

Apa itu ring?
Ring : Bagian luar / tepi lingkaran softlens yang melingkar membentuk cincin.


Ring akan membuat matamu lebih ter 'define' dan terlihat jelas sehingga semakin terlihat pekat dan besar. Karena itu untuk mata yang besar aku sarankan untuk menggunakan softlens tanpa ring dengan warna selain hitam seperti yang satu ini :


Untuk yang memiliki mata yang kecil alias sipit, bisa menggunakan softlens berwarna gelap seperti hitam / choco yang memiliki ring ya. ^^ itu bikin mata kalian terlihat lebih besar dan jelas. Tapi untuk warna dan motif ini tentunya dikembalikan ke selera kalian masing masing ya, ada yang suka pakai ring, ada yang nggak tentunya semuanya kembali ke kesukaan kalian lagi dimana kalian bisa merasa cantik dan pede waktu menggunakannya ^^


- Diameter :
Diameter dari softlens bisa mempengaruhi nyaman / tidaknya softlens yang kamu pakai. Kalau kamu memiliki mata yang cukup besar, gunakan softlens yang berdiameter lebih dari 15mm. Sebaliknya, jika kamu punya mata yang relatif kecil, gunakan softlens yang berdiameter kurang dari 15mm. Jika tidak demikian maka softlens bisa 'berlarian' saat digunakan, dan tampilan dari softlens tersebut juga bisa terlihat kurang pas di mata kamu.
*notes : softlens berlarian bisa juga terjadi karena kamu memasangnya terbalik.^^"

- Kadar air :
Softlens memiliki kadar air yang sangat bervariasi antara 38%-62%. Kadar air besar TIDAK menjamin kenyamanan dari softlens yang kamu gunakan, semua itu tergantung dari kondisi kelembaban mata kita masing-masing. Banyak dari orang yang kutemui justru lebih cocok dengan kadar air 38%-42% (termasuk aku sendiri). Jadi pastikan kamu menemukan kadar air yang pas untuk kelembaban mata kamu ya ^^

- Kualitas Softlens :
Disini aku gak mau menyebutkan brand-brand apa saja yang berkualitas / tidak karena menurutku itu bukan hak ku untuk menjudge mereka. Tapi saran dari aku untuk baca review-review dari orang-orang / tanya temen kamu yang pernah mencoba softlens dari merk tersebut.

*Notes :
- Perhatikan masa pakai dari softlens, tiap softlens memiliki kadaluarsa yang berbeda-beda. Tentunya jika telah melewati / mendekati masa pakai softlens akan menjadi kurang / tidak nyaman.
- Jaga kebersihan dari softlens kamu, selalu bersihkan dan simpan di wadah yang bersih setelah digunakan. Jika tidak, maka meskipun belum mencapai kadaluarsanya, kotoran yang menempel terus menerus tersebut akan membuat softlens kamu tidak nyaman lagi untuk dipakai ^^

Thankyou for reading !
-yolanmoo-

2 comments:

  1. Bener banget nih, aku pakai yang 55% malah gak enak, pas pakai yang 38% nyaman banget. Aku kalau beli softlens juga memperhatikan bahannya, biasanya aku pilih yang silicone hydrogel, bahan yang ini lebih nyaman di mataku. Nice post! ^^

    limlimzi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. waaaah makasih banget infonyaa

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete